18 Maret 2013

Sejarah Singkat Cornelius Vanderbilt


Mungkin tidak banyak orang yang mengenal tentang Cornelius Vanderbilt, tetapi tahukah Anda bahwa ternyata beliau merupakan salah satu orang yang paling kaya di dunia dalam sepanjang sejarah?
Berikut ini merupakan biografi singkat mengenai perjalanan hidupnya dalam bagaimana beliau mengembangkan bisnisnya, dimana paling tidak terdapat hal-hal menarik yang bisa kita ambil sebagai pelajaran seperti giat bekerja sejak usia dini dan kekreatifitasannya dalam bisnis dan servis yang menjadikan sebagai entrepreneur sukses.

Cornelius Vanderbilt dilahirkan pada tanggal 27 Mei 1794 di kota State Island salah satu kota di negara bagian New York , Amerika Serikat. Julukannya  sebagai “ The Commodore” didapatnya karena ketika ia berumur 11 tahun, dia berhenti sekolah dan pada umur 16 dia sudah mempunyai usaha wiraswasta, yaitu bisnis jasa angkutan kapal ferry. Vanderbilt membeli kapal ferry pertamanya dengan uang pinjaman dari orang tuanya lalu ia kemudian mempunyai ide untuk mengoperasikan kapal ferry tersebut bagi penumpang umum yang ingin menuju New York City melalui jalur laut yang saat itu belum umum. Pada tahun 1817 usaha kecil-kecilan nya ini mendapat minat dari para masyarakat dan menjadi berkembang sehingga ia mampu membeli 3 kapal ferry, dan ia pun berlanjut menjual ketiga kapal ferry itu untuk menginvestasikan bisnis armada kapal tenaga uap.

Sebelum menginvestasikan bisnisnya di kapal tenaga uap, Vanderbilt sempat bekerja beberapa tahun untuk armada Thomas Gibbons yang merupakan salah satu armada kapal laut yang cukup besar pada saat itu. Pada tahun 1829 ia mulai mengoperasikan bisnisnya dan hanya dalam 6 tahun saja Vanderbilt sudah bisa berpenghasilan lebih dari $60.000 US Dollar per tahunnya , dan pada tahun 1846 ia sudah dikenal sebagai seorang milyuner. Rahasia dari sang “commodore” ini adalah dengan meningkatkan mutu servis dari bisnis kappal laut dengan diunjang dengan harga yang sangat kompetitif di pasaran. Tidak heran kalo Vanderbilt lalu mempunyai lebih dari 100 kapal tenaga uap.

Di tahun 1860 Vanderbilt terus mengembangkan  bisnis transportasinya dan memasukin bisnis jasa angkutan kereta api. Ia mengembangkan jalur strategis antara New York dan Harlem  melalui sungai Hudson, dan akhirnya berkembang menjari rute ke Chicago.Vanderbilt Meninggal pada umur 82 thaun di tahun 1877 dengan meninggalkan gelar orang terkaya di Amerika Serikat. Dialah orang pertama  yang mendapat julukan sebagai kapten dari kekayaan Amerika yang melebihi 100 juta dollar Amerika. Peninggalan kekayaannya disumbangkan kepada sebuah universitas di Nashville yang kemudian diberi nama Vanderbilt University. (Vivi Liana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar