25 Januari 2013

Peringkat Kombinasi Kartu POKER

Poker adalah permainan yang tujuannya adalah berusaha memperoleh kombinasi tertinggi antara 2 buah kartu di tangan dengan 5 buah kartu yang terbuka di tengah meja (board) guna  memperoleh pemenangnya. Untuk itu dasar yang harus dikuasai oleh pemain poker adalah pengetahuan akan peringkat kombinasi-kombinasi kartu yang mungkin terjadi pada permainan ini dari yang tertinggi sampai yang terendah (Poker Hand Ranking).

Dengan pengetahuan Poker Hand Ranking ini sangat berguna untuk seorang pemain poker dalam memutuskan tindakan-tindakan yang diambilnya guna menjadi pemenang.  Pengetahuan akan kombinasi-kombinasi kartu ini akan membuat seorang pemain dapat menghitung peluang 2 buah kartu ditangannya relatif terhadap kartu di board untuk menjadi yang terbaik, sehingga ia pula tahu kapan ia telah menang atau telah dikalahkan pada saat yang tepat. Dengan mengetahui kekuatan kombinasi kartunya saat itu, si pemain dapat menentukan strategi untuk memaksimalkan kemenangannya ataupun dapat meminimalisir potensi kekalahannya.


Di bawah ini akan saya jelaskan tentang Peringkat Kombinasi Kartu Dalam Poker (Poker Hand Ranking) beserta contohnya yang diurutkan mulai dari peringkat tertinggi sampai dengan peringkat terendah, yaitu:


1. ROYAL FLUSH, merupakan kombinasi tertinggi dalam poker yaitu berupa straight flush mulai dari 10-J-Q-K-A (sedaun).

2. STRAIGHT FLUSH, berupa straight kartu sedaun, pada contoh adalah straight flush kartu keriting dari kartu 5 s/d 9, jika terjadi 2 orang membuat kombinasi ini, maka pemenangnya ditentukan oleh kartu tertinggi yang dipegang.

3. FOUR OF A KIND, disebut juga Quads / Kwartet, berupa 4 buah kartu sejenis, pada contoh adalah Quads kartu As. Jika terjadi 2 orang memiliki Quads, maka pemenangnya ditentukan oleh besarnya kartu pembentuk Quads-nya, misalkan Quads 5 melawan Quads 8 maka dimenangkan oleh Quads 8.

4. FULL HOUSE, disebut juga Boat, berupa 1 buah Three Of A Kind + 1 buah Pair, pada contoh adalah Full House As dan King. Jika terdapat 2-3 orang yang berhasil membuat Boat ini, maka pemenangnya ditentukan oleh besarnya kartu pembentuk Three Of A Kind-nya, misalkan Boat Q dan J melawan Boat 10 dan 8 maka pemenangnya adalah Boat Q mengalahkan Boat 10.

5. FLUSH, berupa 5 buah kartu yang tidak berurutan namun sedaun, pemenangnya ditentukan oleh pemegang kartu tertinggi pembentuk Flush-nya.

6. STRAIGHT, berupa 5 buah kartu berurutan yang tidak sedaun (suit). Pada contoh adalah Straight As Kecil / As Bawah. Jika terdapat 2 pemain atau lebih yang berhasil membuat straight ini maka pemenangnya akan ditentukan oleh besarnya ujung tertinggi pembentuk straight-nya, misalkan 2 orang dengan kartu J-10 dan 5-6, flop 7-8-9, maka pemenangnya adalah pemegang J-10.

7. THREE OF A KIND, sering disebut Set / Trip, berupa 3 buah kartu sejenis, pada contoh adalah Trip As. Jika terdapat 2 orang atau lebih memegang kombinasi ini, maka pemenangnya ditentukan oleh pemegang kartu tertinggi pembentuk Trip-nya. Misalkan Trip J melawan Trip 9 maka permainan dimenangkan oleh Trip J.

8. TWO PAIR, berupa 2 buah pair, pada contoh adalah Two Pair As (A-A) dan King (K-K). Jika terdapat 2 orang atau lebih pemain yang memegang Two Pair, maka pemenangnya ditentukan oleh pair tertinggi pembentuk Two Pair-nya misalnya Two Pair.K-J melawan Two Pair Q-10 maka permainan dimenangkan oleh Two Pair K-J.

9. ONE PAIR, berupa 1 buah pair (sepasang kartu sejenis), pada contoh adalah Pair As (A-A).

10. HIGH CARD, disebut juga Blank, hal ini terjadi karena tidak terdapat pemain yang berhasil membuat kombinasi antara kedua kartu ditangan masing-masing dengan 5 buah kartu di board sehingga pemenangnya ditentukan oleh pemegang kartu tertinggi di tangan. Misalnya seoarng pemasin memegang A-2 dan seorangnya lagi K-Q, terjadi kondisi Blank maka pemenangnya adalah pemegang kartu A-2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar